Connect with us

Kriminal

Bisnis Tiket Bodong,” Jadi Tiket Diliana ke Penjara

Published

on

Koransatu.com – Bisnis jual beli tiket travel yang menjadi topeng Diliana alias Dedek menjadi tiket untuk dia mendekam selama tiga tahun di penjara. Dedek divonis tiga tahun penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Jambi karena terbukti secara sah melakukan penipuan yang menyebabkan korbannya menderita kerugian hingga ratusan juta.

Putusan atas perkara ini dibacakan majelis hakim Pengadilan Negeri Jambi yang diketuai Lucas Sahabat Duha, Senin, 14 Mei 2018 di Pengadilan Negeri Jambi. Dedek divonis berdasarkan dakwaan pasal 378 KUHP jo pasal 64 ayat 1 KUHP tentang penipuan. “Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa selama tiga tahun,” sebut hakim membacakan amar putusan.

Majelis hakim berpendapat jika hal yang memberatkan terdakwa dalam perkara ini adalah perbuatan terdakwa yang dilakukan secara masif yang mengakibatkan kerugian diderita oleh korban, JCS. Putusan hakim sama dengan tuntutan jaksa yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan hukuman tiga tahun penjara. Atas putusan ini, baik terdakwa maupun jaksa menyatakan menerima putusan majelis hakim.

Kasus penipuan ini terjadi pada pertengahan 2015 lalu dimana terdakwa mengelabui korbannya dengan modus jual beli tiket. Korban sendiri dalam hal ini merupakan rekan bisnis korban yang menginvestasikan uangnya setelah diiming-imingi korban dengan pembagian keuntungan yang cukup besar.

Korban menginvestasikan uangnya sebesar Rp1,6 miliar dalam bisnis ini. Namun seiring waktu korban merasa telah ditipu dan melaporkan terdakwa ke polisi. Dan benar saja, dalam persidangan diketahui bahwa bisnis tersebut tidak pernah ada. Bahkan terdakwa sengaja memalsukan identitasnya sebagai karyawan di perusahaan jasa perjalanan untuk meyakinkan korban. Dalam perkara ini korban mengalami kerugian hingga Rp 824 juta

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2017 Koransatu.com